Tugas Perekonomian Indonesia : Pengangguran di Indonesia

Sumber gambar: https://beritagar.id/artikel/berita/bagaimana-cara-pengangguran-mendapat-bayaran-subsidi-prakerja


Menanggapi pernyataan dalam link berikut.

https://www.indonesia-investments.com/id/keuangan/angka-ekonomi-makro/pengangguran/item255


Memang benar salah satu penghambat kemajuan dan pembangunan ekonomi diindonesia adalah penggangguran yang sangat banyak. Disuatu negara apabila angka pengangguran sangat tinggi itu akan membuat suatu pembangunan ekonomi menjadi terhambat dan angka sumber daya manusia yang rendah. 

pengangguran di perkotaan dan pedesaan di Indonesia, maka kita dapat melihat bahwa pengangguran secara signifikan lebih tinggi di daerah perkotaan dibandingkan dengan daerah pedesaan. Yang tidak kalah menariknya yaitu kesenjangan antara pengangguran perkotaan dan pedesaan melebar selama empat tahun terakhir karena pengangguran pedesaan telah menurun lebih cepat daripada pengangguran di perkotaan. Penjelasan untuk tren ini adalah bahwa banyak orang pedesaan pindah ke daerah perkotaan dalam rangka mencari peluang kerja. Memang benar datangnya orang dari desa ke kota akan membuat angka pengangguran sangat tinggi apabila tidak memiliki pekerjaan. Selain hal tersebut , ada hal lain yang membuat penggangguran diindonesia sangat banyak.

1. Ketidakseimbangan Antara Pekerjaan dan Jumlah Tenaga Kerja. Penyebab pengangguran di Indonesia dan alasannya yang pertama adalah adanya ketidakseimbangan antara pekerjaan dan jumlah tenaga kerja yang meningkat setiap tahunnya. Adanya persaingan ketat di antara para fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman membuat fenomena baru bahwa ketidakseimbangan tersebut telah terjadi.
2. Kemampuan Para Pencari Kerja yang Tidak Sesuai. Penyebab pengangguran di Indonesia dan alasannya yang selanjutnya adalah banyaknya kriteria para pencari kerja yang tidak sesuai dengan permintaan perusahaan. Perusahaan akan membutuhkan karyawan yang sesuai dengan kriteria kebutuhan pada posisi yang akan ditempati oleh para calon karyawan.
3. Kurangnya Pendidikan dan Keterampilan. Penyebab pengangguran di Indonesia dan alasannya yang berikutnya adalah adanya masalah pada keterampilan dan pendidikan para pelamar. Kurangnya tingkatan pendidikan akan menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk dijadikan sebagai tenaga kerja.
4. Adanya PHK. Penyebab pengangguran di Indonesia dan alasannya yang selanjutnya adalah adanya pemutusan hubungan kerja atau PHK. PHK akan terjadi setelah berakhirnya kontrak kerja atau adanya pengurangan tenaga kerja.

Didata yang ada dalam pernyataan tersebut bisa kita lihat angka pengangguran sangat tinggi. Walaupun dari tahun ke tahun angka pengangguran semakin kecil. Apalagi sekarang dimasa pandemi. Maka akan semakin tinggi angka pengangguran ini. Diharapkan pemerintah dapat menekan angka pengangguran tersebut dan masyarakat agar mengikuti program program dan mendukung pemerintah agar dapat menekan angka pengangguran diindonesia sehingga dapat memajukan pembangunan e

Comments

Popular Posts