SISTEM AKUNTANSI : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN



PENGENALAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

            Sistem informasi manajemen atau management information system (MIS) adalah suatu sistem informasi yang bersifat menyeluruh, yang bertujuan untuk menyajikan berbagai informasi yang jauh lebih luas dari pada informasi akuntansi yang bersifat historis. Sistem informasi akuntansi merupakan sub-sistem MIS yang paling besar. Subsistem lainnya antara lain subsistem pemasaran, personalia, logistik, dan manajemen database.
            Ada dua aspek yang terkandung dalam pengertian MIS. Yang pertama adalah bahwa MIS berbasis komputer. Meskipun banyak diperdebatkan, khususnya mengenai samapi berapa jauh teknologi komputer itu berperan dalam MIS, telah disepakati bahwa MIS pada dasarnya selalu menggunakan teknologi pengolahan data elektronis. Semakin besar volume pengolahan data yang ditangani, penggunaan komputer akan semakin efisien.
            Aspek yang kedua adalah bahwa MIS menggunakan model keputusan (decision model). Model keputusan pada umumnya menerapkan prinsip “penyaringan” dalam menyajikan informasi. Sebagaimana telah dijelaskan pada sebelumnya, kuantitas dan kualitas informasi untuk jenjang manajemen yang lebih tinggi amat berbeda dengan kualitas dan kuantitas informasi untuk jenjang manajemen yang lebih rendah.
            Seperti yang telah dibahas diatas, sistem informasi akuntansi merupakan subsistem dari MIS, karena sistem informasi akuntansi hanya meliputi pengolahan data tertentu saja, yaitu data keuangan atau akuntansi yang dihasilkan dari transaksi. sistem informasi manajemen yang tidak bersifat keuangan dan tidak dihasilkan dari data transaksi dengan sendirinya bukan merupakan sistem informasi akuntansi. Sebagai contoh, mislanya sistem pemantauan perilaku pesaing yang bertujuan memantau aktivitas pesaing agar perusahaan tidak mengalami kerugian pemasaran karena kalah bersaing, sesungguhnya merupakan sistem informasi diluar sistem informasi akuntansi, namun masih dalam lingkup sistem informasi manajemen. Informasi demikian mungkin hanya bersifat kualitatif saja dan tidak merupakan data transaksi. meskipun tidak semua data non akuntansi bersifat kualitatif.
            Tujuan Utama MIS adalah menyediakan informasi untuk mendukung manajemen dalam mengambil keputusan. Konsep yang dipegang dalam MIS adalah bahwa sistem informasi merupakan unsur daya saing yang tercermin dalam sistem pendukung keputusan ( decision support system) yang terbangun didalamnya.
Untuk pembahan lebih lanjut untuk sistem informasi manajemen akan tulis di postingan lain.


Sumber Penulisan:
Widjajanto N. 2001. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Erlangga. Hal 21-22

Comments

Popular Posts